Edukasi Literasi di Desa Menjing Karanganyar


Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar acara edukasi literasi yang bertema "Build Our Village: Melangkah Bersama Wujudkan Harmoni Desa Berliterasi" pada tanggal 29 Oktober 2023 di Desa Menjing, Karanganyar. Acara ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi masyarakat dan juga sarana psikoedukasi akan pengetahuan parenting pada orang tua. Acara ini mengajak para orang tua, remaja, dan anak-anak untuk meningkatkan minat baca warga dengan mengenalkan Read Aloud.


Maka, Himpunan Mahasiswa Psikologi UNS menggandeng Sara Neyrizha, Direktur Speaking.id sekaligus sebagai inisiator Read Aloud Solo Raya dalam memberikan wawasan penting tentang cara meningkatkan minat baca anak-anak. Acara ini bertujuan untuk membantu warga Desa Binaan, Menjing Karanganyar, khususnya para orang tua, remaja dan anak-anak untuk peka dalam urgensi-urgensi dampak dan pentingnya literasi untuk masa pertumbuhan dalam ranah keluarga dan sosial.


Dalam upaya menciptakan generasi yang gemar membaca, materi diberikan dalam bentuk ceramah diskusi aktif dengan peserta untuk menghadirkan kesan interaktif antar peserta. Peserta diajarkan bagaimana membacakan cerita dengan cara yang menarik, berinteraksi dengan anak selama proses membaca, dan mendorong diskusi tentang cerita tersebut.